Pengunjung Web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini565
mod_vvisit_counterKemarin674
mod_vvisit_counterMinggu ini2236
mod_vvisit_counterMinggu lalu4243
mod_vvisit_counterBulan ini9646
mod_vvisit_counterBulan lalu22439
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung267601
Kami Memiliki: 12 guests online
Home Catatan Kaki Menjadi Pengusaha Percetakan
20
Sep
2012
Menjadi Pengusaha Percetakan

Oleh : Kikie Nurcholik – Sekjen Komunitas Printing Indonesia

Industri percetakan di Tanah Air dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan. Para pelaku usaha inipun optimistis bisa tumbuh. Upah buruh per bulannya yang ditawarkan industri ini mencapai Rp 1,34 juta..... Masih Tertarik?(BPS/1/8/2012)

Tidak terasa kita sudah memasuki bulan September 2012. Itu artinya, tidak lama lagi kita akan melewati tahun 2012 dan memasuki tahun baru 2013. Bagaimana kita mengisi hari-hari kita di tahun 2012 ini? Apakah dengan kesia-siaan atau dengan hal-hal yang bermakna? Apa yang telah dan belum kita capai? Setiap hari yang kita lewati adalah miniatur hidup kita. Sebagaimana kita melewati setiap jam, kita melewati hari-hari kita. Sebagaimana kita menghidupkan  hari-hari kita, sebenarnya kita sedang melukis tahun-tahun hidup kita.

Dengan melihat judul catatan kaki di atas dan mengejawantah menjadi ‘pekerja percetakan’ yang relatif berpendapatan (maaf : begitu begitu saja), maka tidakkah terpikir oleh kita untuk  mengambil inisiatif memulai sebagai  seorang pengusaha percetakan... ? Menjadi “bintang baru” agar peningkatan kualitas kehidupan kita semakin baik.....

Pengetahuan dasar yang wajib dimiliki untuk menjadi seorang  pengusaha percetakan yang handal  adalah pengetahuan di bidang seni grafis, pengetahuan mengenai teknik percetakan, serta pengetahuan mengenai pemasaran. Menurut saya pengetahuan ini sudah umum dimiliki oleh orang-orang yang bekerja di bidang percetakan  dan merupakan modal yang sangat berharga untuk memulai terjun di bisnis ini.

Beberapa bisnis di bidang percetakan yang dapat dikembangkan antara lain:

- Order pembuatan ID Card, member card, kartu pelajar, dan kartu mahasiswa. Strategi pemasaran yang dapat dilakukan adalah mencermati jadwal tahun ajaran baru.

- Order pembuatan spanduk, sablon, kaos, banner untuk caleg, perlengkapan produk cetak  pemilu,  kartu undangan, amplop, company profile, memo, label, kop surat, buku, dan sebagainya.

Strategi pemasaran usaha percetakan ini dapat dimulai dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a.  Mengirimkan sampel/contoh yang  dibuat  di atas berbagai bahan atau media  kertas, kain, kaos dan sebagainya sebagai  sarana  promosi.

b.  Membuat berbagai desain produk cetak  dengan berbagai ukuran dan warna

c.  Berdasarkan  koleksi berbagai contoh  dan desain  produk cetak tersebut, mulailah kita menentukan prioritas  target market pengguna jasa kita, misalnya instansi pemerintah, gedung– gedung pertemuan, bahkan  pernak-pernik untuk resepsi pernikahan.

d.  Setelah order diperoleh, kerjakanlah order tersebut sebaik mungkin agar pelanggan puas dengan layanan jasa cetak kita.  Untuk itu,  buatlah desain grafis dengan menggunakan software program seperti CorelDraw, FreeHand, Adobe Photoshop dan sebagainya. Pelajari dengan baik pengetahuan mengenai cara penggunaan  software ini melalui   tutorialnya.

e.   Bagi pemula di bidang  usaha percetakan ini tidak usah khawatir karena kurang tersedianya peralatan percetakan.  Kita  tidak (selalu) harus membeli semua peralatan yang dibutuhkan, seperti: mesin cetak offset, rekam master, setting computer, mesin potong kertas, komputer, printer dan sebagainya. Kita dapat menggunakan jasa setting, cetak,  dan  potong yang saat ini  hampir  ada di mana-mana.

Setiap orang pada dasarnya  hebat. Setiap orang memiliki sesuatu yang luar biasa. Orang-orang hebat di sekitar kita, bukan terbentuk  karena mereka diberikan suatu kelebihan  daripada yanglain. Mereka hanya melangkah setiap hari menuju kehidupan yang luar biasa.

Pepatah Cina mengatakan,Waktu terbaik untuk menanam sebuah pohon adalah 20 tahun lalu. Tetapi kesempatan terbaik kedua adalah hari ini.Kekuatan yang luar biasa yang ada di dalam diri kita harus digunakan sekarang juga. Maka... mengapa kita tidak mulai mencobanya...? Menjadi pengusaha baru di industri cetak...,  mengukir hal baru dalam kehidupan kita, dengan menambah riak dinamika geliat Grafika Indonesia agar semakin variatif.... Selamat Berkarya dan Selalu Sukses...!!

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download untuk mendapatkan Formulirnya !!!