Visitor

 
Home Cetak Mencetak
Cetak Mencetak
Pengendalian kualitas produksi cetakan (Bagian ke 2)

Berbicara tentang kualitas suatu barang cetakan, maka ada 2 (dua) persyaratan yang dipergunakan sebagai acuan untuk menilai dan menetapkan sejauh mana barang cetakan dapat mencapai suatu tingkatan kualitas tertentu, yaitu :

1. KETEPATAN CETAK

Adalah suatu proses produksi (terutama dalam pencetakan proses 4 warna atau lebih) yang menunjukkan posisi yang sama diantara warna-warna yang dicetak, sehingga warna-warna itu saling bertumpukan pada posisi yang sama. Ketepatan posisi/ketepatan cetak/register ini dapat dihasilkan apabila setiap warna diposisikan pada satu posisi, yang diawali dari pre-press (pembuatan film, mounting dan pembuatan pelat) dilanjutkan sampai ke produksi cetaknya. Perkembangan teknologi cetak mencetak memungkinkan masalah yang berkaitan dengan kualitas akan lebih cepat dapat diketahui dan diatasi, namun perusahaan percetakan yang masih menggunakan dan menerapkan teknik produksi cetak konvensional, prosesnya akan melalui tahapan :

(a) pembuatan film hitam putih ataupun warna separasi,

(b) film-film hitam putih atau separasi berdasarkan warnanya dimounting pada ...

 
Quality Control dan Color Process Control pada proses Cetak

Oleh : Herman J Kesumahadi

Pada artikel kali ini saya akan membahas satu proses penting yang selalu terlibat pada proses cetak mencetak yang bermula dari bagian Layout, Pre-Press, Press, Post-Press, hingga persiapan pengiriman.

Bagian ini punya peran penting dan selalu ada pada posisi strategis di peta produksi yang biasanya disebut sebagai divisi Quality Control (QC).

QC dilakukan pada posisi-posisi tertentu, yaitu pada saat :

1.Design & Layout

Selesai perapihan layout dan dilihat pada layar dan digital proof, approved dan layak untuk lanjut ke imposisi dan pembuatan plate

2. Incoming QC

Quaity Control yang aktif berperan mengawasi kualitas bahan baku seperti ...

 
PRINT CONVENTIONAL vs. DIGITAL

Seperti yang telah kita ketahui bahwa teori dasar cetak konvensional terdiri dari cetak tinggi, cetak datar,  cetak dalam dan  cetak khusus (sablon). Semua teknik cetak konvensional sejak ditemukan hingga saat ini telah mengalami perkembangannya hingga digunakan teknik cetaknya pada masing-masing segmen sesuai kebutuhannya. Sebagai contoh, cetak rotogravure (cetak dalam) banyak digunakan pada segmen flexible   packaging,   cetak   offset   (cetak   datar)   sering   digunakan   untuk   cetak ketas/karton, cetak flexo (cetak tinggi) sering diaplikasikan untuk cetak segala macam packaging dengan berbagai substrate termasuk

cetak label. Begitu juga dengan teknik cetak digital, seiring dengan perkembangannya manufacturer mesin cetak digital ...

 
BOBST Launches Digital Inspection Table for Flexible packaging solutions

BOBST has launched its pioneering Digital Inspection Table for use with its flexible packaging solutions following its success in the corrugated board and flexo post-print sectors.

The Digital Inspection Table is a novel technology designed to drive productivity and virtually remove print production errors. The first live demonstrations of the Digital Inspection Table with a CI flexo press occurred during the K 2019 show at an Open House event at BOBST’s Competence Center at Bobst Bielefeld, where attendees had the opportunity to see it in use with its latest CI flexo press innovation, the VISION CI.

 
FUJIFILM INDONESIA INSTALL THE FIRST JET PRESS750S IN SOUTHEAST ASIA

FUJIFILM Indonesia once again become the first in Southeast Asia to present the latest generation of JET PRESS, offset printing machines with digital inkjet technology. JET PRESS 750S is a Sheetfed Inkjet Digital Press which is proven to be able to achieve high image quality beyond offset printing with high-speed output of 3,600 sheets per hour.

1 October 2019 - PT FUJIFILM Indonesia (Fujifilm) again presents the latest printing press products for the commercial print industry, namely JET PRESS750S (JET PRESS), offset printing machines with the latest digital technology owned by FUJIFILM. JET PRESS is a new flagship model that can achieve high image quality that goes beyond offset printing because it can produce a maximum high speed output of 3,600 sheets per hour with an enlarged maximum paper size and the use of the latest printheads and inks while still maintaining the features of its predecessor Jet Press 720S, which has world recognized.

 
Putra Arjuna Printing Raih Penghargaan Dari FujiFilm

Putra Arjuna Printing Raih Penghargaan Dari FujiFilm

PT. FUJIFILM Indonesia beberapa waktu lalu menyelenggarakan sebuah acara bertajuk Customer Appreciation. Acara ini merupakan bagian dari apresiasi pelanggan selaras dengan kehadiran produk mesin cetak terbaru untuk industri commercial print, yaitu Jet Press 720S, mesin cetak inkjet dengan kualitas tinggi yang mampu mencapai kualitas cetak mesin offset. Acara ini digelar sebagai bentuk apresiasi Fujifilm kepada Putra Arjuna Printing sebagai perusahaan percetakan yang menjadi penginstal pertama Jet Press 720S, tidak hanya di Indonesia tetapi juga yang pertama di kawasan Asia Tenggara. Mau baca lebih lanjut, klik judul link di atas

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 Next > End >>

Page 1 of 6

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!