Visitor

 

Sosial Media

 

Home Edisi Terbaru
23
Jan
2012
PT. SUKUN DRUCK

SUKUN GROUP merupakan perusahaan yang bergerak di berbagai bidang industri, antara lain industri rokok, industri tekstil, transportasi, meubelair / perkayuan dan ekspor–impor. Sedangkan Sukun Druck adalah salah satu anak perusahaan SUKUN GROUP yang bergerak di bidang industri percetakan. dengan  visi dan misi tersendiri.

Sesuai dengan  induk perusahaannya, SUKUN DRUCK berstatus sebagai perusahaan perseorangan. dengan total karyawan mencapai 300 orang. Sedangkan SUKUN GROUP secara keseluruhan mempekerjakan sekitar 13.000 orang karyawan.

Perusahaan Percetakan Sukun berdiri pada tahun 1965 dengan peralatan cetak yang sederhana dan hanya melayani kebutuhan produk cetak  intern SUKUN GROUP. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan industri rokok Sukun serta perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar di bidang printing yang semakin bervariasi dan jugauntuk memberikan kepuasan kepada pelanggan, maka perusahaan ini pun dikembangkan dan dikelola dengan lebih professional.  Pada tahun 1978 nama Percetakan Sukun diperbaharui menjadi  SUKUN DRUCK.

Di bawah kepemimpinan Bapak Aldino R. Wartono yang juga menjabat sebagai Ketua PPGI Kabupaten Kudus,  SUKUN DRUCK mengalami perkembangan dan kemajuan yang pesat di bidang teknologi peralatan serta mesin cetak sehingga tumbuh menjadi  perusahaan dengan mesin dan peralatan cetak yang  sangat modern. Mesin dan peralatan modern diperlukan untuk  meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan. Saat ini SUKUN DRUCK tidak hanya  melayani kebutuhan printing intern SUKUN GROUP, tetapi  juga melayani kebutuhan printing pasar domestik maupun untuk keperluan ekspor. Untuk itu, perusahaan ini melakukan  penambahan investasi mesin-mesin cetak, prepress dan mesin finishing yang sebagian besar bermerk HEIDELBERG. Untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, SUKUN DRUCK  mengirim karyawannya, khususnya di bidang grafika dan managemen, untuk mengikuti pelatihan atau  tugas  belajar.

Menurut Aldino, perusahaan yang dipimpinnya telah berpengalaman selama  berpuluh-puluh tahun dalam  memenuhi kebutuhan produk cetak intern perusahaan SUKUN GROUP, perusahaan-perusahaan rokok lain, perusahaan swasta berskala nasional dan BUMN. Prosentase pelayanan jasa cetak perusahaan ini adalah  60% untuk kebutuhan intern SUKUN GROUP  dan 40%  untuk memenuhi kebutuhan pasar (di luar SUKUN GROUP).

Kualitas produk cetak dan pelayanan diupayakan untuk  terus ditingkatkan. Dari segi permesinan, perusahaan ini terus melengkapi  peralatan dan mesin cetaknya dengan teknologi terbaru sehingga  tidak tertinggal dari kompetitor lokal lainnya, bahkan terus berusaha untuk menjadi yang terdepan. Upaya itu antara lain dilakukan dengan penambahan investasi mesin-mesin offset, rotogravure, mesin coating, paper laminator, stiching, gluing, punching dan embossing.

Kualitas atau kemampuan Sumber Daya Manusia juga terus ditingkatkan,  karena   SDM yang mumpuni merupakan  salah satu aset penting perusahaan. Dengan demikian terbentuk  harmonisasi antara..

Selengkapnya baca di majalah Indonesia Print Media edisi 44 Januari - Februari 2012.