Home Fokus Berita Mengelola warna khusus
16
Nov
2018
Mengelola warna khusus

Mengelola Warna Khusus

Ide dan klarifikasi tentang aspek-aspek kritis manajemen warna spot dari simposium Fogra baru-baru ini tentang EKG.

Leitmotiv konferensi Fogra tahun ini adalah pencetakan multicolor, yang biasa kita sebut sebagai "hexachrome". Istilah teknisnya adalah ECG (Extended Color Gamut) meskipun EGP (Extended Gamut Printing) juga digunakan.

Warna dan gamut

ECG Nama Extended Color Gamut menunjukkan bagaimana seseorang dapat memperluas jangkauan warna warna yang dapat diproduksi dalam proses pencetakan dengan menambahkan warna spot yang mungkin monopigmentasi dan karenanya murni. Ini adalah basis dengan hanya satu pigmen, bukan campuran dari dua atau lebih tinta / pewarna: aspek teknis terkait dengan kualitas bahan baku yang tersedia dan khususnya untuk kemurnian tinta.

Selanjutnya, warna tambahan tidak harus dimasukkan dalam gamut empat warna, seperti yang terjadi misalnya dalam keramik. Biasanya Anda menambahkan Oranye, Biru atau Hijau, tetapi juga bisa Violet, Blue Reflex, Hijau merah atau hangat hangat. Semua warna dapat dengan mudah dikelola dalam proses pencetakan offset, di mana itu normal untuk memiliki mesin cetak datar dengan 5 dan 6 warna, sementara mesin 7-warna tidak hanya langka tetapi juga khusus.

Situasi di flexography dan rotogravure berbeda. Di sini mesin memiliki setidaknya 8/10 unit cetak dan oleh karena itu teknologi pencetakan yang sudah tersedia dapat digunakan. EGP Seperti yang diantisipasi, istilah EGP kedua menunjukkan teknologi pencetakan yang memungkinkan perpanjangan gamut empat warna. Digital juga tertarik dengan pencetakan multicolor. Telah digunakan selama bertahun-tahun dalam pencetakan kain dan keramik, pertama dengan sablon dan 6-7 tahun dengan proses digital. Ini tidak mengherankan: sektor dekoratif jelas tertarik pada solusi yang dapat meningkatkan dan memperkaya rentang warna. Ada tiga kombinasi yang paling dikenal, semua didukung oleh basis empat warna:

-          pentachromy terdiri dari CMYK + 1 warna spot, biasanya biru;

-          hexachromy terdiri dari CMYK + 2 warna spot, biasanya oranye dan biru;

-          eptachromy terdiri dari CMYK + 3 warna spot, biasanya oranye, biru dan hijau;

-          octachromy yang terdiri dari CMYK + 4 warna spot, biasanya oranye, biru, hijau dan warna lebih lanjut sebagai penguat (yaitu hitam ganda) atau yang metalisasi.

Dalam semua kasus itu adalah masalah menyalin rentang warna yang lebih luas daripada apa yang ditawarkan oleh proses empat warna konvensional dengan ISO 2846-1 (cetak offset) dan tinta ISO 2846-5 (pencetakan flexo). Ini berarti pergi dari sekitar 300-400.000 komposisi berwarna yang ditawarkan oleh proses empat warna dasar ke sekitar 750.000 warna heptachromy. Dengan klarifikasi: tidak akan mungkin untuk sepenuhnya menyalin keseluruhan ruang warna Adobe RGB, bahkan jika ekspansi warna melebihi ruang standar Fogra 39 hingga 40%.

Selengkapnya Edisi 83 Juli - Agustus 2018....

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!