Visitor

 
Home Kilas Berita Kerjasama Universitas Stikubank Semarang dengan Universitas Chulalongkorn Thailand
10
Aug
2012
Kerjasama Universitas Stikubank Semarang dengan Universitas Chulalongkorn Thailand

Pada tanggal 30 Mei 2012, Universitas Stikubank Semarang  melakukan penandatangan MOA (Memoradum of Agreement) dengan Universitas Chulalongkorn Thailand. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Rektor Unisbank Bapak Dr. Bambang Suko Prijono, MM. dan Dekan Fakultas Science Universitas Chulalongkorn Thailand Mr. Prof. Supot Hannongbua, PhD disaksikan oleh Ketua Yayasan YPPMI Bapak Dr. Sophiyanto, Dekan FT UNISBANK, Bapak Antono Adhi, S.Kom, MM, MT, dan Prof. Dr Chawan Koopipat dari Departemen Imaging dan Printing Tech Universitas Chulalongkorn Thailand. Kerjasama ini mengawali perkembangan Fakultas Teknik Industri UNISBANK yang membuka program konsentrasi Teknik Grafika (S1).

Fakultas Science Universitas Chulalongkorn Thailand telah memiliki Departemen Imaging Printing dengan program S1 (Strata 1), S2 (Magister) dan S3 (Doktor). Lingkup dari kerjasama ini adalah beberapa program internasional bagi mahasiswa FT UNISBANK, seperti  Standarisasi Kurikulum, Student Exchange, Sandwich Program, Double Degree, Short Course Program,  Internship di Industri Grafika Thailand, Penelitian bersama, Penulisan beserta Penerbitan Jurnal Internasional dan program Doktor bagi para pengajar FT UNISBANK.

Departemen Imaging and Printing Tech Universitas Chulalongkorn Thailand memiliki laboratorium khusus printing dengan berbagai peralatan  canggih, juga dilengkapi dengan unit bisnis percetakan yang melayani kebutuhan internal seluruh fakultas di Universitas Chulalongkorn Thailand dan menerima order komersial dari luar civitas academica.

Setelah penandatangan kerjasama tersebut FT UNISBANK akan memulai program Student Exchange pada bulan Agustus 2012 selama 1 semester di Departemen Imaging and Printing Tech, Faculty of Science, Universitas Chulalongkorn Thailand dengan mengirim 2 mahasiswa dan 2 orang dosen sebagai kandidat Doktor di departemen yang sama.

Sebagai persiapan untuk pembukaan  program konsentrasi ini, FT UNISBANK menggandeng beberapa pelaku industri grafika nasional, seperti PT. Aliansi Temprina (Jawa Pos Group), PT. Media Nusantara Press (MNP Group), PT. Mascom Graphy (Suara Merdeka Group),  Komunitas Printing Indonesia (KOPI), PPGI Semarang dan Asosiasi Teknik Grafika dan Media Indonesia (ATGMI). Kerja sama ini merupakan  bentuk dukungan dari Industri  yang bersinergi dengan dunia pendidikan di tanah air, untuk menghasilkan sumber daya manusia di bidang grafika yang berkualitas dan professional.  Dukungan juga datang dari beberapa media cetak khusus grafika seperti Printpack Indonesia dan  Print Media Magazine.

Industri Grafika di Thailand dalam 10 tahun terakhir ini mengalami kemajuan yang pesat, baik di sektor sumber daya manusia maupun aplikasi  teknologi yang dipergunakan.

Untuk melihat langsung kemajuan teknologi grafika di negeri tetangga tersebut, pada kesempatan penandatanganan kerja sama, pihak UNISBANK yang  dijamu oleh Head of Departemen Imaging dan Printing Tech, Prof. Aran Hansuebsai, PhD. tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berkunjung ke kawasan industri SINSHAKHON Printing City and Industrial Estate Thailand, yang  berjarak sekitar  30 km arah  barat daya kota Bangkok.  Kawasan yang dikhususkan bagi pengusaha yang bergerak di bidang grafika ini sudah menerapkan sistem high technology di semua bidang.  Semua perusahaan Printing House sudah menerapkan ISO, sehingga seluruh perusahaan  percetakan di kawasan ini tertata sangat rapi dan menghasilkan produk cetakan berkualitas tinggi. Pihak  UNISBANK menyempatkan untuk mengunjungi salah satu printing house, T.K.S Group, yang memiliki keunikan dan kekhususan hanya mengerjakan pencetakan  security printing dan packaging special edition.

Misi utama dari kerjasama kedua universitas ini adalah menghasilkan tenaga kerja di bidang grafika yang professional dan terstandarisasi,  sehingga lulusan UNISBANK dan CHULALONGKORN University dapat berkarya  di belahan bumi manapun. Untuk itu, kerjasama dan pengalaman yang didapatkan dari kunjungan  tersebut  diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan acuan FT UNISBANK untuk menghasilkan sumber daya manusia di bidang industri grafika yang kompetensinya  bisa diterima baik di dalam negeri  maupun  di negara asing.

Pada kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung  pendirian  program Teknik Grafika di FT UNISBANK Semarang.

Info lebih lanjut mengenai program Teknik Grafika di FT UNISBANK Semarang, bisa diakses melalui   This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it atau di website kami www.unisbank.ac.id.

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!