Pengunjung Web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini84
mod_vvisit_counterKemarin1396
mod_vvisit_counterMinggu ini4758
mod_vvisit_counterMinggu lalu6263
mod_vvisit_counterBulan ini21989
mod_vvisit_counterBulan lalu31771
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1511642
Kami Memiliki: 32 guests online

Home Kilas Berita UKM GO ON LINE
22
Dec
2017
UKM GO ON LINE

 

UKM GO ON LINE

Usaha Kecil Menengah(UKM) di Indonesia telah menjadi tulang punggung perekonomian negara dan telah memberikan banyak pemasukan baginegara. Namun di era serba digital saat ini, para pelaku UKM juga harus mulai mengikuti perkembangan teknologi informasi  agar bisa bertahan dan terus maju untuk mengembangkan bisnisnya.

Kehadiran startup dibidang e-commerce saat ini, telah mengubah pola masyarakat dalam berbelanja. Dengan kehadiran e-commerce, masyarakat cukup membuka gadget, memesan, melakukan pembayaran lalu produk yang dipesan  pun akan diantarsampai dirumah. Akses kemudahan e-commerce atau marketplace di Indonesia yang terjadi saat ini, juga harus diperhatikan oleh para pelaku UKM agar bisa mengambil peluang untuk mengembangkan bisnisnya. Lanjut ? Klik judul link di atas !

Jadi saat ini UKM tidak bisa hanya dijalankan  secara konvensional, tetapi juga harus mengikuti perkembangan era digital agar bisa terus bertahan dan berkembang. Persaingan yang terjadi di era digital menjadi serba horizontal, karena dengan perkembangan internet semua memiliki kesempatan yang sama untuk maju dan berkembang.

Demikian juga yang terjadi pada UKM di industri percetakan. Saat ini masih banyak pelaku UKM percetakan yang hanya mengandalkan bisnis secara konvensional, padahal dengan era internet saat ini, banyak yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis meski hanya bermodalkan telepon pintar.

Para pelaku UKM industri ini dapat mulai memasarkan produknya di internet, bisa desain tshirt, bisa desain kartu nama atau desain lainnya. Pelanggan tinggal masuk ke web mereka, melihat desain yang ditawarkan, dan jika cocok tinggal memesan. Hubungan selanjutnya dapat dilakukan melalui jaringan pribadi atau telepon.

Sejalan dengan itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika memfasilitasi pelaku UKM untuk mendapatkan nama domain secara gratis melalui program Satu Juta Nama Domain. Program ini merupakan kerjasama antara Kemenkominfo dengan Pengelola Nama Domain Indonesia(PANDI). Tujuan dari program ini adalah mendorong optimalisasi akses internet yang ada di dalam negeri dan mempercepat akses konten lokal.

Program ini menggunakan server di dalam negeri dan domain .id sebagai domain Indonesia yang terpercaya, sehingga penggunanya terdaftar dengan identitas yang jelas. Bagi para pelaku UKM yang ingin mendaftar, beberapa persyaratan yang diperlukan adalah Kartu Identitas, SIUP/SKU/ dst .............................................................................................................................................

Diharapkan dengan adanya program ini, para pelaku UKM khususnya diindustri printing,dapat melebarkan sayap bisnisnya agar dapat bertahan di tengah derasnya persaingan di era MEA. Ada 3 kunci untuk dapat bertahan di era digital, yaitu : Buatlah Website, Aktifkan Penggunaan Sosial Media, Manfaatkan e-Commerce. Selamat & Sukses.

Selengkapnya temukan pada majalah Print Media Indonesia edisi 78 Sept-Okt 2017. Majalah cetak dimaksud dapat ditemukan pada ratusan toko buku di Pulau Jawa, sedang yang E-Print Medianya juga bisa diperoleh melalui aplikasi penyedia beragam majalah digital seperti : SCOOP, Majalah Indonesia, dan Higo. Atau pesan ke secretariat.

Hub :

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

SMS/WA : 0811808282

 

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!