Home Kilas Berita Pembukaan Diklat 3 in 1 di AK Tekstil Surakarta
11
Mar
2019
Pembukaan Diklat 3 in 1 di AK Tekstil Surakarta

Pembukaan Diklat 3 in 1 di AK Tekstil Surakarta

Kementerian Perindustrian dan Kementerian Sosial meresmikan pembukaan diklat 3 in 1  (Pelatihan, Sertifikasi, dan Penempatan Kerja) bagi penyandang disabilitas pada tanggal 31 Januari 2019 lalu di Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta.

Diklat ini dilaksanakan dalam rangka program penyiapan 1 juta tenaga kerja tersertifikasi. Diklat ini terlaksana berdasarkan MoU nomor 799/M-IND./12/2018 dan No. 12 Tahun 2018 antara Kementerian Perindutrian dengan Kementerian Sosial pada Desember tahun 2018 lalu. Dengan peserta bejumlah 268 orang nantinya diklat akan dilaksanakan di 4 lokasi yakni di Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta, Balai Diklat Industri Jakarta, Balai Diklat Industri Surabaya, dan Balai Diklat Industri Yogyakarta.

Jenis diklat yang diikuti oleh peserta difokuskan pada diklat garmen dan alas kaki. Dengan jumlah peserta sebanyak 268 orang 204 orang disabilitas sensorik rungu wicara, 39 disabilitas fisik, 25 orang disabilitas intelektual yang tersebar menjadi sebanyak 103 orang mengikuti diklat jahit upper alas kaki dan sebanyak 165 orang mengikuti diklat operator garmen. Diharapkan diklat ini mampu mewujudkan kesetaraan kesempatan kerja di industri bagi penyandang disabilitas.

Sekilas tentang AK tekstil Surakarta

Sejarah

Tingginya permintaan tenaga kerja tingkat ahli untuk industri TPT, Kementerian Perindustrian bekerjasama dengan Pemerintah Kota Solo, API Jawa tengah serta Solo Technopark mendirikan Akademi Komunitas. Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil (AK-Tekstil) berdiri pada akhir tahun 2015. Pemilihan kota solo sebagai tempat pendiriannya tidak terlepas dari icon kota solo sendiri sebagai sentra tekstil khususnya Batik di indonesia. Konsep pengembangan Akademi Komunitas yang dibangun sepenuhnya untuk kepentingan industri dengan konsep pendidikan vokasi industri berbasis kompetensi.  AK-Tekstil dilengkapi fasilitas pendidikan berupa laboratorium, workshop dan teaching factory. AK-Tekstil juga dilengkapi dengan Lembaga Sertifikasi Profesi dan Tempat Uji Kompetensi.

AK-Tekstil Solo diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo tanggal 26 januari 2016. Kegiatan pendidikan sendiri telah dimulai sejak tahun 2015. AK-Tekstil memiliki 3 program studi. Ketiga program studi tersebut yaitu Teknik Pembuatan Benang, Teknik Pembuatan Kain dan Teknik Pembuatan Garmen. Menggunakan metode pendidikan vokasi yang juga diterapkan di negara-negara industri maju dengan konsep dual System yang berorientasi kepada penguasaan kemampuan kerja dengan mengintegrasikan pendidikan di kampus dengan pendidikan di industri sehingga terwujud sinergi pembelajaran yang efektif guna menghasilkan tenaga kerja yang memiliki daya saing tinggi dan benar-benar siap kerja di dunia industri.

AK-Tekstil telah meluluskan Tenaga kerja yang telah bekerja dan tersebar di berbagai perusahaan tekstil di Indonesia karena telah mendapatkan garansi dan jaminan bekerja setelah lulus disamping juga konsep beasiswa untuk biaya pendidikan di Akademi komunitas industri tekstil dan produk tekstil Surakarta. AK-Tekstil telah menjadi pelopor pendidikan vokasi yang menjadi rujukan tentang bagaimana membangun kolaborasi yang baik antara lembaga pendidikan dan industri.

JADWAL PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Gelombang I  : 2 Januari – 24 April 2019

Gelombang II : 2 Mei – 21 Agustus 2019

Persyaratan Peserta

  1. Pendidikan minimal SMA atau sederajat
  2. Usia maksimum dari peserta umum adalah 25 tahun dan dari industri maksimal 30 tahun saat pendaftaran
  3. Peserta yang lulus tes bersedia mengikuti pendidikan sesuai dengan ketentuan uang berlaku selama 2 tahun dan bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian apabila mengundurkan diri sebelum selesai pendidikan
  4. Setelah menyelesaikan pendidikan, peserta dari umum bersedia bekerja di perusahaan tekstil dan garmen minimal 3 tahun sedangkan peserta dari industri minimal 5 tahun, dinyatakan dalam surat pernyataan bermaterai

Persyaratan Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran (download disini)
  2. Mengisi formulir online (klik disini)
  3. Fotocopy ijazah/raport kelas 12/SKL (Surat Keterangan Lulus)
  4. Pas photo 4×6 berlatar belakang bebas (2 lembar)
  5. Fotocopy kartu keluarga
  6. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani
  7. Surat keterangan bebas buta warna
  8. Surat keterangan tidak bertato
  9. Surat keterangan tidak bertindik bagi pria dan wanita tidak boleh lebih dari 2 di telinga kanan dan kiri
  10. Peserta mengikuti Tes Potensial Akademik dan Psikotest
  11. Peserta mengikuti tes wawancara oleh pihak industri terkait.

Kuliah di AK-Tekstil Solo tidak dipungut biaya apapun. Mohon untuk tidak di....

Selengkapnya terdapat pada majalah Indonesia Print Media edisi 87 Maret-April 2019

Info:

INDONESIA PRINT MEDIA

Special printing magazine (Print & Digital / Online)

Jl Kembang Raya No 19A

Jakarta, 10420

Email:

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Mobile / Wa;

+62 81288811831/811808282

Facebook :

Print Media Indonesia (Group)

Graphic Magazine

Website:

 

www.indonesiaprintmedia.com

 

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!