Visitor

 
Home Kilas Berita Bagaimana Printer Tekstil Epson Merevolusi Dunia Mode
30
Mar
2021
Bagaimana Printer Tekstil Epson Merevolusi Dunia Mode

Jakarta, 29 Maret 2021 – Menjadi seorang yang modis sama seperti merubah pikiran atau cara berpikir – hal ini sama seperti yang terjadi di dunia mode atau rumah mode setiap tahun, yang mengubah portfolio empat kali dalam setahun setiap memasuki musim baru.

Musim baru dengan desain baru telah berlangsung selama beberapa dekade, tetapi kini konsumen tidak hanya sekedar melihat koleksi baru di catwalk, berdasarkan laporan McKinsey/Business of Fashion satu dari sepuluh tuntutan teratas yang dihadapi industri fesyen saat ini adalah program berkelanjutan. Industri mode banyak mengkonsumsi energi, pencemaran serta pemborosan, dan sangat sedikit sekali  merek dan produsen fesyen yang menjalankan tanggung jawab terhadap lingkungan mereka secara serius. Dan, kini konsumen menuntut sebuah tindakan dan sikap yang mencerminkan nilai-nilai pribadi yang baik.

Menata panggung untuk pencetakan tekstil digital, pertama kali diperkenalkan ...

pada tahun 199 dengan munculnya kemampuan cetak ink-jet, pencetakan tekstil digital menawarkan sejumlah keuntungan langsung dan strategis. Hal ini terlihat pada proses sablon tradisional - baik untuk kain atau bahan lain – nilai produksi sangat mahal jika beberapa desain yang akan dicetak menggunakan stensil terpisah yang diperlukan untuk setiap warna. Selain mahal, proses ini juga memakan waktu yang tidak cepat.

Keuntungan lain dari pencetakan digital adalah tidak adanya ukuran minimum produksi yang dijalankan dan pengguna dapat mencetak desain yang dipesan lebih dahulu dalam panjang satu meter dengan menggunakan banyak warna serta akurasi desain. Selain itu, pencetakan digital mengkonsumsi air yang lebih sedikit dengan penurunan penggunaan pewarna dan larutan, sehingga proses ini jauh lebih ramah lingkungan, serta menghemat biaya jauh lebih banyak untuk memenuhi permintaan konsumen. Produk Epson printer inkjet ini telah mengikuti standar label lingkungan yang telah ditetapkan oleh pasar utama di seluruh dunia.

Manfaat penting lainnya dari pencetakan digital langsung pada kain adalah memberikan printer kemampuan untuk menghasilkan banyak warna atau desain dalam satu gulungan kain. Ini berarti perputaran cepat dan kemampuan untuk menangani pencetakan dan pemesanan ulang dengan proses yang lebih cepat dalam pencetakan yang lebih besar. Proses ini juga memungkinkan pencetakan pada material dengan lebar hingga 1.800mm. Pencetakan DTF sangat ideal untuk berbagai jenis kain - termasuk katun, viscose, polyester, nilon, dan sutra dengan menggunakan tinta berbeda tergantung pada jenis kainnya.

Kemampuan serbaguna dari pencetakan DTF melampaui jangka waktu yang panjang serta lebar kainnya. Untuk merek fesyen atau perancang busana, sejumlah kecil kain yang dicetak secara digital memungkinkan mereka untuk "bereksperimen" dengan kombinasi warna dan desain impian terliar sekaligus menguji produk baru sebelum diproduksi massal. Ini adalah solusi ideal untuk pasar merek fesyen mewah, dan sekali lagi mendukung program keberlanjutan yang lebih baik, karena lebih sedikit surplus atau produk “gagal” yang dapat berakhir kembali ke dalam rantai pasokan.

Selain pakaian, tekstil cetak digital ada di sekitar kita yang dapat digunakan pada latar belakang panggung, spanduk untuk pameran, pameran dagang, pasar dekorasi interior yang mencakup segala hal mulai dari draperi, tirai dan perlengkapan kamar tidur hingga wallpaper dan perabotan. Tidak mengherankan jika pasar percetakan tekstil digital global bernilai $ 2,2 miliar pada tahun

2019, dan diproyeksikan mencapai $ 8,8 miliar pada tahun 2027, tumbuh pada CAGR sebesar

19,1% dari tahun 2020 hingga 2027.

Terbatas pada imajinasi

Di dalam model industri tradisional, desain dicetak di atas kain menggunakan proses transfer, yang berarti perancang sangat dibatasi dalam penggunaan warna. Sebaliknya, tidak ada batasan jumlah warna yang bisa digunakan oleh perancang saat menggunakan pencetakan tekstil digital, memungkinkan mereka bebas menggunakan sumber gambar seperti foto dan karya seni.

Menghilangkan hambatan pada produksi

Saat ini, kemajuan dalam kualitas telah menjadi kunci dari adopsi teknologi pencetakan tekstil digital secara luas di industri mode. Peningkatan pada printer memberikan hasil cetakan yang lebih tahan lama dan lebih tajam dengan tinta baru; seperti rangkaian Genesta Epson. Tinta Genesta Epson memastikan bahwa produksi dapat mencakup berbagai jenis serat tekstil. Hal ini menjadi penting dalam situasi ekonomi saat ini, dimana pencetakan tekstil digital dianggap menghemat lebih banyak biaya. Hal ini juga memfasilitasi perputaran yang lebih cepat, sehingga pengguna mendapatkan produk eksklusif tanpa harus menunggu produksi massal, atau untuk memenuhi komisi satu kali - baik itu dari pengantin atau selebriti.

Sedangkan untuk pabrikan, percetakan tekstil digital menghadirkan peluang bisnis serta kelincahan yang lebih besar dalam memungkinkan produksi di seluruh segmen untuk memenuhi permintaan pasar - mulai dari pakaian mewah dan fast fashion apparel serta dekorasi rumah, hingga memberikan contoh pratinjau cetak ke suatu merek sebelum diproduksi massal. Pabrikan sekarang dapat memproduksi pakaian sehari-hari untuk merek fesyen siap pakai seperti Zara dan H&M, yang dimana waktu penyelesaian mulai dari konsep hingga ke toko hanya memakan waktu kurang dari dua minggu. Di ujung lain, merek pakaian mewah ultra-high-end bersaing untuk memberikan pengalaman yang disesuaikan dan didukung dengan produksi kecil dan perputaran cepat untuk segala hal mulai dari keperluan interior seperti tirai, penutup sofa dan sprei, hingga aksesoris seperti tote bag dan sepatu.

Pencetakan kain digital menghilangkan hambatan produksi besar dengan waktu yang lebih lama dan saat ini, perancang serta merek yang didukung hanya dibatasi oleh imajinasi desainer.

Pasar baru untuk operator cerdas

Semua keuntungan sudah terlihat jelas, perusahaan percetakan tekstil digital mendapatkan keuntungan besar dari keuntungan inheren yang ditawarkan kepada pelanggan, yang dimana sebelumnya tidak dapat didukung karena kemampuan menjalankan produksi yang minimum. Hal ini termasuk:

- operator online: menawarkan segala sesuatunya mulai dari masker wajah dan pakaian hingga perabotan lembut kelas atas

- sekolah mode dan desain: tempat siswa secara tradisional belajar dengan cara menyampaikan visi mereka menggunakan tekstil yang tersedia secara komersial

-   start-up tahap awal: dimana produksi awal berjalan tidak memenuhi syarat untuk status

"produksi massal"

- produk spesifik: melayani pasar dengan kebutuhan khusus di mana biaya mungkin tidak menjadi masalah karena tujuan yang sangat khusus

Epson berkomitmen untuk memperkuat kehadirannya dalam pencetakan tekstil, dan bertujuan menghadirkan produk serta layanan yang menyenangkan bagi pengguna di kondisi pasar yang berkembang pesat saat ini. Semua tinta dan peralatan Epson sesuai dengan pedoman lingkungan yang memungkinkan perancang untuk membuat pola tekstil dan desain yang tepat dengan percaya diri di saat mereka membutuhkan dalam jumlah tertentu. Rangkaian baru Epson printer tekstil industrial menawarkan keserbagunaan maksimum untuk produk yang disesuaikan sesuai permintaan - dari jenis mode yang memukau hingga dekorasi interior yang kreatif.

Dari sudut pandang produsen, harga terjangkau sangat penting - biaya kepemilikan printer tekstil digital Epson yang ekonomis, serta kemudahan pengoperasian dengan kinerja yang dapat dioptimalkan yang mampu menempatkan teknologi produksi terdepan dalam jangkauan perancang visioner ini dapat membantu membawa desain mereka ke dalam realita komersial pada dunia mode yang terus berkembang.

Cari tahu informasi lebih lanjut mengenai printer tekstil melalui website resmi Epson  epson.co.id dan blog atau hubungi dealer resmi Epson setempat.

Tentang Epson

Epson adalah pemimpin teknologi global yang berdedikasi menjadi tak tergantikan bagi masyarakat dengan menghubungkan orang-orang, hal-hal dan informasi dengan teknologi aslinya yang efisien, ringkas dan tepat. Perusahaan berfokus mendorong inovasi dan melampaui harapan pelanggan pada inkjet, komunikasi visual, wearable dan robot.

Epson bangga atas kontribusinya dalam mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan dan upaya berkelanjutannya untuk mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB. Dipimpin oleh Seiko Epson Corporation yang berbasis di Jepang, Epson Group di seluruh dunia menghasilkan penjualan tahunan lebih dari US$10 milyar. global.epson.com

Tentang Epson Indonesia

PT Epson Indonesia berdiri pada bulan Oktober 2000 sebagai perwakilan penjualan dan pemasaran di Indonesia. PT Epson Indonesia beroperasi di bawah kendali kantor regional Epson Singapore, Pte. Ltd.

Saat ini, PT Epson Indonesia yang bertempat di Jakarta telah memiliki 28 lokasi purnajual (16 Epson Sales & Service dan 12 Epson Service Center) Dengan didukung oleh distributor-distributor yang berpengalaman dan jaringan dealer yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia, PT Epson Indonesia telah mampu memperluas penjualan ke seluruh pelosok Indonesia. PT. Epson Indonesia kini memasarkan produk printer SIDM (Dot Matrix), Inkjet, Laser, LFP termasuk consumablesnya, dan produk-produk lain seperti scanner, dan proyektor. Silakan kunjungi situs kami epson.co.id

Selengkapnya terdapat pada majalah Indonesia Print Media edisi 100 Mei-Juni 2021

Info : +62811808282

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!