Home Pendapat Tren Industri Kemasan di Tahun 2020
10
Feb
2020
Tren Industri Kemasan di Tahun 2020

Setiap tahun sektor industri di seluruh dunia bersiap untuk memprediksi tren besar berikutnya untuk tahun mendatang. Packaging Gateway memprediksi beberapa tren pengemasan untuk tahun 2020.

Kemasan Bergelombang (Corrugated)

E-commerce merupakan satu industri yang sangat penting di era digital. Belanja online tumbuh dengan cepat dari tahun ke tahun. Hal ini juga mendukung berkembangnya industri kemasan. Kemasan yang kaku seperti corrugated akan mendominasi karena strukturnya yang kuat dan stabil.

DS Smith, Kepala Pemasaran dan Inovasi dari Teresa Del Re mengatakan: "Ketika kita memasuki tahun 2020 kita berharap untuk melihat perubahan nyata di seluruh spektrum kemasan, apakah untuk e-commerce, FMCG atau titik penjualan bahan. Fokus pada keberlanjutan dan penggantian plastik semakin menjadi yang terdepan dalam strategi pengemasan untuk merek-merek terkemuka.

“Mengganti plastik sekali pakai dengan bahan ....

daur ulang, seperti corrugated akan sangat membantu untuk memenuhi target daur ulang dan mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan.

Minimalis

Estetika menjadi satu komponen penting bagi industri kemasan. Kepala pemasaran global Lifestyle Lifestyle, Rich Quelch mengatakan: “Estetika dalam kemasan akan memainkan peran yang penting dalam menarik perhatian konsumen pada tahun 2020. Terlebih lagi bagi 'generasi Instagram' - yang terbiasa melihat gambar estetis sempurna dari teman-teman mereka dan para influencer.

"Lebih banyak merek akan berinvestasi dalam memperbarui kemasan utama mereka - gelas dan botol plastik, tutup dan penutup - dengan teknik dekoratif, seperti etsa, metalisasi, hot stamping, sablon dan anodising, membantu menerjemahkan identitas merek langsung ke produk."

Kepala Mad Beauty pengembangan produk baru Lisa Dower mengatakan: “Kemasan bersih [dan] desain sederhana [akan menjadi tren untuk tahun 2020]. Berfokus pada bahan-bahan produk, tren ini terkait dengan tren keberlanjutan, karena konsumen percaya kemasan yang kurang kompleks lebih ramah lingkungan daripada kemasan yang direkayasa secara berlebihan. ”

Bahan Daur Ulang

Salah satu aspek utama yang akan menjadi fokus tren ini adalah membuat kemasan dari 100% bahan daur ulang. Seperti yang baru-baru ini dicontohkan dalam kampanye pemasaran Coca-Cola yang mendorong konsumen untuk mendaur ulang botolnya. Dalam kampanye dikatakan bahwa Smartwater akan menjadi merek pertama yang datang dalam botol yang terbuat dari 100% plastik daur ulang.

Manajer pemasaran COLOURFORM Hannah March mengatakan: “Tidak diragukan bahwa permintaan untuk bahan daur ulang dalam kemasan dan bahan yang benar-benar didaur ulang akan tumbuh dan menjadi lebih tinggi dari sebelumnya pada tahun 2020. Bahan alami dapat segera menggantikan plastik biasa dan membantu merek memperkuat kredensial ramah lingkungan mereka.

Kemasan Cerdas

Kemasan cerdas akan tren pada tahun 2020, dengan augmented reality (AR), pelabelan cloud, paket anti-pemalsuan dan set-and-trace teknologi.

Manajer pemasaran senior Zappar David Mather mengatakan: “2020 akan menjadi tahun yang besar untuk kemasan yang mendukung AR. Pengemasan dengan dukungan AR, memiliki kemampuan untuk mendidik pelanggan tentang dampak lingkungan dan pendekatan ramah lingkungan sambil mempertahankan dampak merek dan keterlibatan pengguna. Raih smartphone dan anda dapat menjumpai informasi asal-usul dan bahan-bahan produk. Kemasan AR adalah langkah cerdas untuk bisnis, terutama dengan diperkenalkannya 5G pada tahun 2020, membuat kecepatan dan kekuatan perangkat, dan penggunaan kamera dan AR, lebih besar."

VP NiceLabel Ken Moir mengatakan: “Pada tahun 2020, kami mengharapkan gelombang transformasi digital berikutnya, membawa label ke cloud. Perusahaan dari semua ukuran dapat mengambil manfaat dari keuntungan produktivitas yang diberikan cloud.

Edible Packaging

Edible Packaging atau kemasan yang dapat dimakan perlahan-lahan mendapatkan daya tarik selama beberapa tahun terakhir dan untuk tahun 2020 kemasan ini diperkirakan akan terus berkembang lebih lanjut dengan inovasi-inovasi baru.

Perwakilan Solusi Pengemasan Langsung, Tom Simpkins mengatakan: “Di sini, di Manchester, kami telah melihat bisnis, besar dan kecil, merangkul jauh lebih ramah lingkungan, kemasan minimalis; terutama dalam hal bagaimana makanan disajikan. Kami percaya bahwa hal besar berikutnya adalah pengemasan yang berfokus pada biodegradable; bahkan bisa dimakan.

“Lihatlah kemitraan besar antara Bacardi dan Sorbos; mereka menciptakan sedotan yang bisa dimakan untuk mendorong pembuatan koktail, sedangkan di seluruh dunia ada proyek-proyek menarik seperti alat makan yang dapat dimakan Bakey dan bahkan kemasan wafel yang dapat dimakan Bruxel dan Evoware.

"Ini adalah pendekatan baru yang ....

Bams

Sumber: Packaging GatewaySelengkapnya terdapat pada majalah cetak dan on line INDONESIA PRINT MEDIA edisi 92 Jan-Feb 2020.

 

info +62811808282

 
 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!