Home Pendidikan Trik Pisah Warna Sablon Dengan Mudah
10
Feb
2020
Trik Pisah Warna Sablon Dengan Mudah

Dalam proses sablon atau cetak saring dikenal istilah separasi warna atau pisah warna. Sablon separasi merupakan proses cetak gambar menggunakan 4 warna CMYK yang disebut warna kunci. Film output dari sablon separasi akan berupa halftone atau dot-dot kecil. Ketika ke-empat warna tersebut dicetak akan menghasilkan warna gradasi.

Penting untuk diperhatikan ketika akan mencetak menggunakan teknik sablon separasi yaitu resolusi gambar yang akan diolah, kesesuaian mesh/kerapatan screen, tension screen dengan setting halftone pada saat print film. Untuk media kaos/kain frekuensi lpi (line per inch) biasanya menggunakan 35 sampai dengan 55 lpi.

Dibawah ini adalah paparan bagaimana proses pisah warna menggunakan aplikasi Adobe Photoshop.

Langkah Pertama

Siapkan gambar/image dengan resolusi ..........

Langkah Ketiga

Setelah image berubah menjadi mode CMYK, klik Channel yang berada disamping menu Layers. Nanti anda akan mendapati channel CMYK, Cyan, Magenta, Yellow, Black. Kemudian pilih channel Cyan terlebih dahulu. Tekan Ctrl A > Ctrl C > Ctrl N > Ok > Ctrl V

Langkah Keempat

Ubah image yang anda salin tadi ke mode Bitmap, Image-Mode-Bitmap. Klik OK jika ada pertanyaan Flatten Layers. Kemudian input: 300 pixels/inch dan rubah Method Use menjadi Halftone Screen. Pada menu Halftone Screen, masukkan Frequency: 42 lines/inch, Angle: 108 degree dan Shape: Round

Langkah Kelima

Salin image yang mode Bitmap tadi kembali ke channel Cyan. Tekan Ctrl A > Ctrl C > Ctrl N > Ok > Ctrl V pada channel Cyan. Kemudian Ctrl I untuk Inverse Image.

Langkah Keenam

Ulangi langkah ketiga hingga kelima pada masing-masing channel Magenta, Yellow dan Black.

Langkah Ketujuh

Setelah semua step selesai, lakukan Split Channel. Caranya, dipaling kanan kolom Channel terdapat anak panah ke bawah. Klik. Kemudian pilih Split Channel. Image akan secara otomatis terbagi menjadi 4 gambar CMYK.

Langkah-langkah pisah warna telah selesai. Image siap dicetak dan diafdruk. Selamat mencoba.

Bams /*dbs

Selengkapnya terdapat pada majalah cetak dan on line INDONESIA PRINT MEDIA edisi 92 Jan-Feb 2020.

info +62811808282

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!