Home
06
Aug
2019
Digital Printing dan Peluang Usaha (bagian 1)

 

Oleh : Rudy Susanto 

Era teknologi tidak hanya merevolusi cara dan gaya hidup kita tetapi juga cara kita mencetak, cetak digital menjadi alternatif pilihan untuk kita yang dikejar dengan tenggat waktu dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Cetak digital mengacu pada metode pencetakan dari file atau gambar berbasis digital berupa piksel dan dicetak keberbagai media dengan menggunakan berbagai jenis printer, berbeda dengan cetak offset yang menggunakan tinta basah dan mentransfer gambar melalui pelat cetak, teknologi cetak digital menjadi alternatif pendukung cetak offset untuk melengkapi jasa pelayanan cetak yang sudah ada sebelumnya.

Printer digital pada umumnya berbasis tinta atau toner, printer tinta memformulasikan file gambar dengan droplet tetesan sangat kecil ke permukaan media yang digunakan untuk menghasilan file gambar tersebut. Adapun printer toner mengunakan serbuk toner untuk menghasilkan file gambar.

Dari sisi biaya produksi cetak digital lebih tinggi dibandingkan dengan cetak offset, namun cetak digital memiliki keunggulan memungkinkan untuk mencetak yang dipersonalisasi sesuai permintaan dengan menggabungkan file data gambar, text, nomor yang berbeda dalam setiap lembar atau halaman yang dicetak. Sedangkan dari sisi area ruang kerja dan SDM cetak digital membutuhkan luas ruangan jauh lebih kecil dan jumlah karyawan yang lebih sedikit.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital disemua bidang yang membawa perubahan dalam gaya hidup, cara belanja generasi milenial dan semakin banyaknya market place membuka peluang usaha online terbuka lebar dan tentunya membutuhkan sarana promosi online dan offline yang tentunya membutuhkan media promosi cetak untuk branding seperti kemasan, kartu nama, sticker, brosur, label pengiriman dll.

Metode cetak digital yang paling umummenggunakan tinta pigmen dan toner mencetak diberbagai media fleksibel seperti : kertas, kain, sticker maupun media rigid seperti : kayu, kaca, logam, keramik. Tehnologi cetak digital tinta pigmen atau toner tidak menembus media, tetapi membentuk lapisan tipis pada permukaan dan melekat pada mediadengan menggunakan fuser dengan proses panas (toner) atau pengeringan proses curing (tinta).

Apabila anda akan memulai bisnis cetak digital langkah pertama adalah membuat rencana bisnis untuk satu atau dua tahun pertama, tentukan apakah anda bekerja dari rumah atau membuka toko, pilih spesialisasi anda akan lebih baik yang terkait dengan hobby anda. Identifikasi ceruk pasar anda berdasarkan kebutuhan dan usia pelanggan yang anda targetkan, Pelajari tren pasar dan sesuaikan dengan rencana bisnis anda. Rencana bisnis harus mencakup strategi promosi online maupun offline.

 Tentukan produk apa yang akan anda jual : mug, custom T shirt, wall paper, kartu nama, sticker kemasan atau brosur, anda dapat memilih lebih dari satu spesialisasi tergantung dari target pasar anda. Setelah menentukan target pasar mulai ..... 

Selengkapnya terdapat pada majalah INDONESIA PRINT MEDIA edisi 89 Juli-Agustus 2019.

Info : M/WA 0811 802 282