Visitor

 

Sosial Media

Home Fokus Berita Seri Digital Printing untuk Paperboard Packaging (1): Persyaratan bahan baku kertas karton dan tinta untuk UV Ink Jet Paperboard Packaging.
03
Nov
2022
Seri Digital Printing untuk Paperboard Packaging (1): Persyaratan bahan baku kertas karton dan tinta untuk UV Ink Jet Paperboard Packaging.

Pengantar

Seperti yang kita ketahui,  Digital  printing sangat luas sekali aplikasinya,  mulai  dari  billboard  sampai kepada  kebutuhan  sehari-hari barang cetakan,  begitu pula substratnya bervariasi, mulai dari lembaran  seperti kertas, plastik, hingga benda padat seperti gelas, keramik dan seterusnya.  Tulisan ini berfokus pada digital printing ditujukan pada  percetakan kemasan, khususnya  kemasan kertas dan karton, dan pada produk FMCG (Fast Moving Consumer Goods)  tulisan  ini  dibuat  berseri karena  pembahasan  yang luas. Untuk seri yang pertama ini di bahas  tentang persyaratan  dan  spesifikasi  bahan baku kertas karton  dan tinta  untuk Ink Jet Printing,  di  sesi berikutnya  pemilihan  print head Ink Jet Printing,  Merk atau brand  Ink Jet Printing  yang beredar,  dan  terakhir  adalah  best practice  dari pengusaha  kemasan  yang  terlibat di bisnis ini.  Selamat membaca.

A. Persyaratan Kertas Karton untuk Kemasan

Melanjutkan  seri teknologi  edukasi   Majalah Print Media  edisi  September – Oktober 2022,  jika  di edisi  sebelumnya   kita  teknologi  pencetakan  digital   berbasis  Ink  Jet,  maka  kali  ini  di bahas  tentang  Cetak Digital  untuk  Pencetakan Kemasan  berbasis  karton  dan  Kertas.   Karena  seperti di ketahui,  pencetakan  kemasan  tekniknya  sangat beragam,  mulai  dari  teknik  sablon (screen),  fleksografi ( acuan cetak fleksibel)  sampai  ke  digital,  demikian  juga  substratnya  beragam,  mulai  dari plastik,  aluminium,  karton gelombang  dan lain lain.  Sehingga  edisi kali ini  dibatasi  digital  printing  unntuk kemasan seperti  kertas  dan karton  seperti  duplex,  dengan tujuan  pembahasan  lebih detail.

Prospek bisnis  Kemasan berbasis  kertas  dan  Karton.

Hasil paparan  dari  Allied  Market Reseach  (www.alliedmarketresearch.com)   terbitan  Juni 2022 berjudul, " Pasar Kemasan Digital Printing Berdasarkan Jenis Kemasan (Kemasan Bergelombang, Karton Lipat, Kemasan Fleksibel, Label), Dengan Teknologi Pencetakan (Pencetakan Inkjet, Pencetakan Elektrofotografi),  Oleh Industri Pengguna Akhir (Makanan & Minuman, Farmasi, Elektronik, Perawatan Pribadi & Kosmetik, Lainnya),  Analisis   tahun   2022  hingga  2031,  terjadi  pertumbuhan  yang cukup  signifikan,  dimana  pasar  diperkirakan  membukukan  omset  sebesar  $20,6 miliar pada tahun 2021, dan diperkirakan akan menghasilkan $49,9 miliar pada tahun 2031, dengan   CAGR sebesar 9,1% dari 2022 hingga 2031.

Demikian  juga  Teknologi pencetakan digital  memiliki  keunggulan  seperti  :  proses pencetakan yang ramah lingkungan,   memungkinkan pengguna untuk membuat perubahan menit terakhir sebelum mencetak, dan menawarkan kualitas cetak yang unggul dibandingkan dengan teknik pencetakan tradisional.   Faktor-faktor inilah yang mendorong pasar pengemasan digital printing. Namun, variasi harga bahan baku, biaya perawatan yang tinggi, dan kurangnya operator yang terampil membatasi pertumbuhan pasar.

Pada  Segmen Makanan & Minuman untuk mempertahankan posisi terdepan selama periode perkiraan  Berdasarkan industri pengguna akhir, segmen makanan & minuman menyumbang  bagian terbesar pada tahun 2021, berkontribusi pada hampir tiga per lima pasar kemasan digital printing global, dan diproyeksikan akan mempertahankan posisi terdepannya selama periode perkiraan. Ini dikaitkan denganekstensif penggunaan digital printing pada paket produk di industri kemasan.

Area  Asia Pacific  mempertahankan dominasinya hingga   tahun 2031  Berdasarkan wilayah,  karena   lebih dari sepertiga dari pasar kemasan digital printing global. Hal ini disebabkan oleh pengemasan barang habis pakai, elektronik, dan produk manufaktur lainnya dalam skala besar. Wilayah ini diperkirakan akan menyaksikan CAGR tercepat sebesar ....

Selengkapnya terdapat pada Indonesia Print Media Edisi 109 November - Desember 2022

 

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!