Home Fokus Berita MENGENAL ALAT DAN BAHAN DALAM MEMULAI USAHA SABLON
24
Jul
2019
MENGENAL ALAT DAN BAHAN DALAM MEMULAI USAHA SABLON

Di era globalisasi saat ini, mengubah cara bertukar informasi, berdagang dan konsumsi dari produk-produk budaya dan teknologi dari berbagai tempat diseluruh dunia. Dunia saat ini menjadi tempat yang sangat dinamis dan kompleks sehingga kreativitas dan pengetahuan menjadi suatu aset yang tidak ternilai. Indusrik reatif Indonesia merupakan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan tertentu yang memanfaatkan keterampilan dan kreativitas bakat.

Dalam beberapa tahun ini industri kreatif di Indonesia sedang mengalami kemajuan yang cukup cepat. Tidak heran jika ada banyak calon pengusaha yang mencoba terjun dalam bidang ini. Salah satu bisnis yang termasuk dalam industri kreatif yaitu sablon.Sablon merupakan teknik mencetak dalam berbagai media seperti :Kain, kertas, kayu, metal, kaca, plastik, kulit dan sebagainya menggunakan alat bantu berupa screen sablon. Keunggulan dari teknik sablon yaitu dapat mencetak dalam jumlah yang banyak, dapat menghasilkan efek menarik seperti cracking, glitter, timbul, glow in the dark, glossy dan sebagainya, biaya cetak cukup terjangkau dan fleksibel bisa di aneka jenis permukaan bahan.Selain itu, dalamm emulai usaha sablon tidak membutuhkan modal yang besar bila dibandingkand engan usaha percetakan digital. Beberapa alat dan bahan pada tahap awal sablon yang dibutuhkan yaitu :

KAIN SCREEN

Dalam produksi sablon kain saring atau biasa disebut kain screen merupakan komponen yang sangatpenting. Kain screen digunakan untuk menyaring tinta, lem, serbuk dan sebagainya agar tercetak di media yang digunakan. Kain screen memiliki beberapa jenis dan type, tergantung dari tingkat ketebalan screen. Ketebalan screen ini tergantung dari berapa banyak helaibenang dalam hitungan percentimeter. Ketebalan ini biasa disebut Mesh dalam bahasa indonesia perhitungannya adalah jumlah benang setiap 1 cm. Misalnya: T 48 berarti ada 48 benang setiap 1cm.Mesh bernomor rendah umumnya memiliki pori-pori yang relatif besar dan nomor mesh tinggi memiliki pori-pori yang kecil atau halus.

Setiap ketebalan kain screen memiliki fungsi tersendiri masing-masing. Seperti sebagai berikut :

T12-T40 : Biasa digunakan untuk menyablon glitter ukuran 0,1, tinta rock dengan efek batu, tinta cube, plastisol cetak tebal dll.Biasa digunakan untuk menyablon lem transfer seperti SP-Top ink, Binder TFG, serbuk-serbukan seperti glow in the dark, two tone, serbuk emas, silver dan lainnya.

T48-T61 : Biasa digunakan untuk menyablon gambar-gambar blok menggunakan tinta waterbased seperti rubber, extender, superwhite, dan plastisol

T77-T120 : Biasa digunakan untuk menyablon gambar-gambar raster, dan untuk tinta rubber, ini adalah screen dengan kehalusan agak halus sampai dengan paling halus.

FRAME

Setelah menemukan screen yang sesuai, maka diperlukanrangka sablon atau biasa disebut frame.Frame sablon tradisional menggunakan jenis kayu. Frame sablon kayu lebih ekonomis dan cocok digunakan pada saat pelatihan sablon.Namun,frame kayu mudah melengkung, lapuk dan berat dibandingkan frame alumunium. Karena bentuk dari konstruksi dari frame sablon sangat penting untuk mendapatkan hasil penyablonan yang baik, frame tersebut harus kuat dan tidak melengkung pada saat ditarik permukaan rangka ini haruslah rata dan tidak boleh bergoyang pada saat diuji permukaan kaca atau meja yang rata. Dalam memilih frame sablon ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :

1.Tidak berubah bentuknya dalam cuaca yang panas atau juga tidak mengkerut jika terkena air. Permukaan frame pada screen harus licin,rata dan halus.

2.Rangka screen tidak boleh berubah, baik dalam keadaan basah maupun juga dalam keadaan kering.      

3.Bingkai harus tahan terhadap obat-obatan kimia yang digunakan dalam proses pengerjaan cetak sablon.

4.Kuat dan ringan, pilihan yang tepat untuk screen yang perlu ditarik secara kencang dan untuk screen yang berukuran besar.

5.Stabil dan lebih tahan lama.

Dari hal-hal diatas, frame sablon alumunium sangat tepat untuk digunakan. Frame sablon alumunium merupakan rangka sablon yang lebih modern, rangka ini terbuat dari alumunium berongga dan dilas sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Daya tahan frame sablon alumunium lebih awet dibandingkan frame sablon kayu, karena framememilikidayatahanterhadaptarikan yang kuat, tidak akan berubah dalam keadaan basah maupun kering, tahan terhadap obat-obatan kimia danjugaringgan. Sehingga sangat tepat untuk digunakan pengusaha sablon yang mencetak dalam volume tinggi dan tidak membutuhkan banyak ukuran bingkai.

 

LEM FRAME

Untuk memasang kain screen pada frame sablon dibutuhkan lem bingkai yang memiliki daya rekat kuat, tahan terhadap tinta sablon dan cairan pembersih. Salah satu lem yang digunakan para pengusaha sablon di Indonesia yaitu...

 

Alamat  :  Jl Lingkar Luar Barat No. 8A

Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat 11750

Telp  : 021-5437 6633

IG : charlie_sps

FB  : @Charliesps

Youtube : Charlie SPS

Website : www.charliesps.co.id

 

Selengkapnya terdapat Print Media Edisi 89

 

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!