Visitor

 

Sosial Media

Home Kilas Berita Peluang Cetak Kemasan Semakin Baik
12
Mar
2022
Peluang Cetak Kemasan Semakin Baik

Pengemasan memegang peranan yang besar dan penting dalam kehidupan sehari-hari manusia, karena manusia hampir selalu menggunakan produk-produk yang dikemas, seperti makanan & minuman, kosmetik, obat-obatan ataupun produk-produk kebutuhan rumah tangga lainnya, maka pasti kita akan selalu “bertemu” kemasan.

Oleh karena peranan yang penting itulah, maka kemasan harus dibuat dengan memenuhi standar yang tinggi dan memenuhi syarat-syarat yang sudah ditetapkan baik oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) ataupun oleh lembaga-lembaga Internasional, seperti ISO (GMP, HACCP), CE, dll. Sehingga, produk-produk yang dikemas tersebut bisa dikonsumsi dengan baik, sehat dan aman.

Secara global ada 4 (empat) sector indusri pengguna kemasan. Sektor industry makanan & minuman adalah sektor industry terbesar pengguna kemasan. Sektor ini menguasai sekitar 51% penggunaan kemasan, diikuti  sektor industri rumah tangga 25%, sektor industri lain 15%, dan yang terakhir sektor industri farmasi dan kecantikan 9%.

Jenis kemasan yang digunakan, sebagian besar didominasi oleh ...

 

penggunaan kaleng, gelas, keramik, logam dan aluminium, kemudian diikuti oleh kotak karton gelombang, plastic rigid/semi rigid, flexible pack/laminating, kotak karton lipat dan yang terakhir adalah kertas/label.

Industri jasa cetak kemasan sebenarnya bukanlah sebuah usaha yang baru di Indonesia. Sudah ada dan cukup banyak jasa cetak kemasan berbagai kelas dan tipe yang tersebar di berbagai daerah. Sudah ada banyak cerita sukses dan betapa banyaknya omzet yang bisa diraih usaha cetak kemasan walaupun masa pandemic sebagaimana sekarang ini.

Produk dari jasa cetak kemasan pun tidak terbatas pada bahan tertentu seperti kertas atau karton, tetapi telah merambat kemana-mana disesuaikan dengan sifat karakter produk  yang mau dikemas. Diantaranya :

Cetak kemasan kertas

Sama seperti kemasan fleksibel, kemasan kertas juga diminati oleh banyak konsumen. Hal ini karena ada banyak produk yang bisa dikemas dengan menggunakan kertas. Anda tentu perlu paham macam-macam kertas yang biasa digunakan untuk pengemasan.

Cetak kemasan plastik

Kemasan plastik sedang naik daun belakangan ini. Hal ini tidak lepas dari tren boba dan kopi yang sedang tren di masyarakat. Oleh karena itu permintaan untuk mencetak kemasan gelas plastik juga terus tumbuh.

Cetak kemasan fleksibel

Kemasan fleksibel adalah hal yang sangat mungkin untuk menjadi produk Anda dan memiliki nilai jual yang menggiurkan. Banyak juga konsumen yang membutuhkan kemasan fleksibel. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah Anda perlu untuk memiliki mesin cetak kemasan fleksibel yang menunjang.

Cetak label/stiker kemasan

Stiker atau label kemasan juga sangat penting. Biasanya yang menggunakan stiker atau label kemasan adalah produk-produk makanan yang digunakan sebagai tambahan.

Semoga bermanfaat …

 

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!