Home Kilas Berita Mimaki Adakan Seminar & Exhibition Textile Printing di Bandung
28
Sep
2012
Mimaki Adakan Seminar & Exhibition Textile Printing di Bandung

Selama ini pencetakan kain dalam industri tekstil dilakukan dengan cara screen printing.  Kini, seiring perkembangan grafika yang mengarah pada teknologi digital, bidang industri  ini  turut  menyesuaikan diri dengan penggunaan  teknologi digital textile printing guna memenuhi  kebutuhan pasar akan peningkatan kualitas, kecepatan, ramah lingkungan,  serta harga yang relatif terjangkau bagi konsumen, namun tetap memberikan margin profit bagi pengusaha. Demikian isi sambutan Bapak Idrus Slamet, Manager Sales & Marketing Division  Mimaki Indonesia, dalam Seminar & Exhibition Digital Textile Printing Mimaki yang diadakan pada tanggal 29-30 di Hotel Aquille, Bandung.

Dalam kesempatan tersebut juga  dijelaskan,   artwork dengan beberapa warna dapat dilayani dengan teknologi ini  tanpa menambah biaya seperti halnya dalam cetak konvensional. Di samping itu, teknologi ini juga mampu  memberikan  kualitas grafis yang lebih realistis, misalnya mencetak foto dengan ketajaman yang tinggi sesuai keinginan.

Sementara itu,  Bapak Sucahyo, Direktur PT Nusantara Indo Digital,  supplier digital for apparel decoration Mimaki Indonesia,  yang menjadi salah seorang nara sumber, menjelaskan bahwa saat ini semua industri, termasuk  industri tekstil, membutuh kecepatan dalam pengerjaan sesuai tuntutan pasar. Dengan teknologi digital textile printing,  kebutuhan akan kecepatan itu dapat dilayani.  Karena, dalam teknologi digital textile printing banyak proses kerja yang ada dalam  industri tekstil konvensional dihilangkan. Sebagai contoh untuk pengerjaan proses desain, dalam teknologi digital hanya diperlukan waktu beberapa jam saja, karena cukup dilakukan  di komputer dan hasilnya dapat langsung dicetak.

Untuk memenuhi kebutuhan industri cetak akan kecepatan pengerjaan, kini banyak perusahaan printer berlomba-lomba menciptakan dan menawarkan  printer  dengan berbagai keunggulan, seperti   kinerja cepat, efisien, dan ringkas. Mimaki merupakan salah satu perusahaan  yang menawarkan printer jenis ini.  Dalam acara ini, Mimaki mengadakan demonstrasi sekitar 5 jenis mesin printer yang diproduksi dan dipasarkannya di Indonesia di area exhibition. 

Selain printer, berbagai tipe  tinta digital printer yang dapat   digunakan pada hampir semua jenis bahan dan kain untuk berbagai keperluan seperti: apparel, furniture, bendera, banner, swimwear, dan lain sebagainya, turut ditawarkan .  Di antara jenis dan tipe tinta tersebut, sekarang banyak yang sudah beredar di pasaran,  antara lain: Acid untuk nylon, reactive untuk jenis kain serat berupa cotton/linen, disperse untuk jenis polyesters, dan dye based untuk photography.

Tinta sublimasi  mempunyai daya tahan yang baik  terhadap  proses pencucian.  Tinta ini biasanya dicetak di atas kertas terlebih dahulu, kemudian ...

Selengkapnya di Majalah Indonesia Print Media Edisi 48 September - Oktober 2012.

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!