Visitor

 

Sosial Media

Home Lingkungan Epson Bekerja sama Dengan WWF Untuk Meningkatkan Dampak Restorasi Laut dan Mencapai Masa Depan Rendah Karbon
19
Mar
2022
Epson Bekerja sama Dengan WWF Untuk Meningkatkan Dampak Restorasi Laut dan Mencapai Masa Depan Rendah Karbon

Singapore, 18 March 2022 –- Epson Southeast Asia hari ini mengumumkan kerjasamanya dengan World Wide Fund for Nature (WWF), sebagai bagian dari komitmen Epson untuk bersama-sama menciptakan solusi berkelanjutan dan memberdayakan masyarakat. Kerjasama yang baru ini bertujuan untuk meningkatkan dampak konservasi laut dan solusi iklim di seluruh Asia Tenggara dengan bekerja sama dengan pemuda, warga, serta bisnis dan komunitas lokal.

“Keberlanjutan telah dan akan terus menjadi fokus utama Epson sebagai bagian dari pembaruan Visi Perusahaan Epson ke- 25 ,” kata Siew Jin Kiat, Managing Director Regional, Epson Southeast Asia. “Di luar upaya berkelanjutan kami untuk membeikan teknologi dan solusi berkelanjutan kepada pelanggan dan mitra kami, kami sangat bangga dapat memperluas ...

 

fokus keberlanjutan ini ke tempat kami beroperasi dengan menciptakan segudang solusi eco-innovative bersama WWF dan komunitas lokal untuk hari esok yang lebih hijau.”

Penskalaan Restorasi Laut di dalam dan sekitar Segitiga Terumbu Karang

Dengan lebih dari 6.000 spesies ikan, 76% spesies karang dunia, dan kawasan paling kaya bakau di planet ini, Segitiga Terumbu Karang dikenal sebagai pusat keanekaragaman hayati laut di Bumi. Sebagai bagian penting dari Asia Tenggara, dan membentang ke selatan menuju Pasifik, sumber daya laut dan pesisir dari Segitiga Terumbu Karang secara langsung menopang makanan dan mata pencaharian lebih dari 130 juta orang, dengan miliaran lainnya menelusuri sumber makanan mereka kembali ke wilayah ini.

Namun, penangkapan ikan yang berlebihan selama beberapa dekade, pariwisata dan urbanisasi yang tidak berkelanjutan, dan krisis iklim mengancam untuk menghancurkan habitat laut dan pesisir yang kritis di dalam dan sekitar Segitiga Terumbu Karang.

Inilah sebabnya Epson mendukung WWF untuk meningkatkan upaya restorasi karang di Indonesia, Malaysia, Thailand dan Singapura, serta restorasi mangrove di Filipina. Dengan bekerja sama dengan pemangku kepentingan dan institusi lokal, upaya restorasi ini bertujuan untuk mendukung dan memulihkan kesehatan ekosistem laut yang sangat penting yang kita semua andalkan, sambil membangun kapasitas di antara masyarakat lokal sebagai pemangku kepentingan utama dalam pemeliharaan dan pengelolaan jangka panjang sumber daya pesisir mereka.

Mengajak Bisnis dan Konsumen untuk Masa Depan Rendah Karbon

Dampak perubahan iklim yang semakin sering dan membawa bencana sangat terasa di Asia Tenggara, dengan Vietnam secara konsisten menduduki peringkat sebagai salah satu negara yang paling rentan terhadap iklim. Secara tradisional bergantung pada batu bara, sektor energi negara itu sekarang siap untuk transisi energi menuju sumber-sumber terbarukan. Epson akan mendukung WWF untuk mempengaruhi bisnis dan konsumen di Vietnam untuk mendukung transisi menuju ekonomi rendah karbon - dengan membangun kasus bisnis untuk Dekarbonisasi dan Tujuan Nol Karbon Bersih.

Karyawan Epson akan belajar bagaimana komunitas lokal dan bisnis bersatu dalam upaya bersama untuk melindungi ekosistem laut, menyelamatkan spesies yang terancam punah, dan mendukung mata pencaharian penting dan ketahanan pangan bagi masyarakat Asia Tenggara.

Setelah itu, WWF akan bekerja sama dengan tim Epson Asia Tenggara lokal untuk meluncurkan program pendidikan yang mencakup webinar tentang belanja konsumen yang berkelanjutan, museum virtual tentang pengurangan konsumsi energi dan jejak karbon, serta kampanye perlindungan hutan.

“Dampak konservasi yang abadi dicapai melalui kolaborasi dengan mitra yang tulus,” Mr. R. Raghunathan, CEO WWF-Singapura mengatakan, “Kami berharap dapat bekerja sama dengan Epson yang berkomitmen pada aksi iklim nyata dan untuk mendorong upaya yang berarti untuk memastikan konservasi lingkungan kita sejalan dengan pemberdayaan ekonomi dan manusia yang hidup selaras dengan alam.”

Singapore -Meskipun ruang laut terbatas dan tuntutan lingkungan, habitat pesisir Singapura terus mendukung keanekaragaman spesies yang kaya. Namun, masih ada tantangan yang membutuhkan solusi terfokus. Epson dan WWF akan mendukung program percontohan restorasi habitat di Kepulauan Selatan Singapura. Program ini, yang dipimpin oleh mitra lokal dan masyarakat, akan menerapkan pembelajaran dari penelitian sebelumnya untuk memulihkan kawasan terumbu karang yang rusak. WWF akan bekerja sama dengan program untuk meningkatkan peluang ilmu pengetahuan warga, pendidikan dan penjangkauan publik yang berkontribusi pada tujuan Rencana Aksi Konservasi Laut Singapura dan Rencana Biru Singapura.

Melengkapi upaya tersebut, Epson Singapura juga akan melakukan kegiatan penanaman pohon di Kent Ridge Park bersama mitra bisnis dan karyawan untuk mendorong pemahaman dan apresiasi yang lebih mendalam terhadap pohon serta pentingnya melestarikannya.

Philippines - Sebagai unit biogeografis yang signifikan secara global dari Segitiga Terumbu Karang, konservasi mangrove sangat penting untuk perlindungan jasa ekosistem laut dan masyarakat pesisir yang rentan. Diperkirakan hampir 80% tangkapan ikan dunia bergantung pada lokasi mangrove. Selain itu, ekosistem mangrove melindungi masyarakat pesisir dari gelombang dan badai, membantu mencegah hilangnya nyawa, kerusakan properti dan erosi.

Bencana alam yang semakin intens, reklamasi pantai dan eksploitasi sumber daya yang berlebihan telah menyebabkan kerusakan pada lokasi mangrove dan akibatnya penurunan cepat dalam stok ikan. Lebih dari setengah tutupan bakau asli Filipina telah hilang dalam satu abad terakhir. Hal ini secara signifikan berdampak pada kesejahteraan manusia dan mata pencaharian masyarakat pesisir di daerah tersebut.

Oleh karena itu, Epson akan mendukung WWF untuk bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk merestorasi beberapa lokasi mangrove di Palawan Selatan. Upaya peningkatan kapasitas lokal akan fokus pada restorasi dan perlindungan mangrove, termasuk penanaman benih, pemantauan dan penilaian, perencanaan pengelolaan sumber daya pesisir dan banyak lagi. Untuk memastikan kelangsungan upaya restorasi oleh masyarakat pesisir, Epson akan mendukung WWF untuk mendirikan Pusat Pembelajaran dan Inovasi Komunitas yang berfokus pada restorasi mangrove. Ini adalah bagian dari jaringan yang memberdayakan masyarakat untuk mempertahankan pengembangan kapasitas, berbagi praktik terbaik dan bertukar pengetahuan praktisi.

Indonesia - Berfokus pada rehabilitasi terumbu karang dan wisata bahari yang bertanggung jawab di Kawasan Konservasi Laut Alor Indonesia, habitat laut penting yang mengalami penurunan kehidupan karang akibat pengeboman ikan, Epson akan mendukung WWF-Indonesia untuk bekerja sama dengan pemangku kepentingan setempat untuk mengembangkan rehabilitasi terumbu menggunakan metode rockpile. Inisiatif ini akan melampaui restorasi ekologi, untuk melibatkan masyarakat lokal dalam meningkatkan mata pencaharian mereka melalui mendukung wisata selam dengan karang yang dipulihkan, serta staf dan masyarakat umum untuk meningkatkan kesadaran tentang Pariwisata Bahari yang Bertanggung Jawab melalui aktivitas virtual dan tantangan media sosial.

Malaysia - Melibatkan kelompok lingkungan pemuda setempat yang disebut Pemimpin Iklim Mabul, Epson akan mendukung WWF-Malaysia untuk menggelar upaya restorasi karang menggunakan metode rockpile dan kerangka laba-laba di Pulau Mabul. Terkenal sebagai titik penyelaman karena perairannya yang murni penuh dengan keanekaragaman hayati laut, pemuda terpilih di Pulau Mabul akan dilatih dan disertifikasi sebagai penyelam Eco untuk menanam fragmen karang dan memantau pertumbuhannya, sebagai bagian dari upaya restorasi karang yang lebih luas di Sabah, Malaysia.

Selain itu, untuk menanamkan pemahaman dan apresiasi yang lebih dalam terhadap lingkungan serta rasa tanggung jawab untuk menjaganya, keterlibatan dengan karyawan Epson akan membawa mereka ke perjalanan interpretatif melalui jejak dengan keanekaragaman hayati yang kaya yang terletak di Frasers Hill Malaysia.

Thailand - Sejak akhir 1990-an hingga awal 2000-an, berbagai pemangku kepentingan dan komunitas telah mentransplantasikan fragmen karang untuk meningkatkan koloni karang di distrik Sattahip di Provinsi Chonburi, salah satu situs terumbu dengan keanekaragaman hayati tinggi terpenting di Teluk Thailand. Mendukung WWF-Thailand untuk mempertahankan kegiatan restorasi, Epson akan membantu mempertahankan inisiatif sukses yang menjadikan situs tersebut sebagai pusat pembelajaran populer untuk ilmu kelautan dan konservasi.

Viet Nam - Untuk meningkatkan kesadaran yang lebih besar tentang dampak perubahan iklim dan memengaruhi keputusan bisnis yang transformatif, Epson dan WWF dengan mitra lokal, Kamar Dagang, dan Industri (VCCI) Vietnam akan menyelenggarakan serangkaian acara keterlibatan bisnis. Upaya pendidikan perusahaan yang berfokus pada energi berkelanjutan dan pengurangan jejak karbon, Epson dan WWF bertujuan untuk memobilisasi berbagai sektor dan industri menuju ekonomi rendah karbon – dengan membangun kasus bisnis untuk tujuan Dekarbonisasi dan Nol Bersih.

Tentang Epson Singapore

Sejak tahun 1982, Epson telah mengembangkan kehadiran yang kuat di pasar utama di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Dipimpin oleh kantor pusat regional Epson Singapura, bisnis Epson di Asia Tenggara mencakup jaringan luas di 11 negara dengan infrastruktur yang komprehensif dari hampir 500 outlet layanan, 7 fasilitas manufaktur dan 5 pusat solusi Epson. http://www.epson.com.sg

Tentang WWF

WWF adalah salah satu organisasi konservasi independen terbesar dan paling dihormati di dunia, dengan lebih dari 5 juta pendukung dan jaringan global yang aktif di lebih dari 100 negara dan wilayah. Misi WWF adalah untuk menghentikan degradasi lingkungan alam Bumi dan membangun masa depan di mana manusia hidup selaras dengan alam, dengan melestarikan keanekaragaman hayati dunia, memastikan bahwa penggunaan sumber daya alam terbarukan berkelanjutan, dan mempromosikan pengurangan polusi dan konsumsi yang boros. Kunjungi www.panda.org/news untuk berita terbaru dan sumber media dan ikuti kami di Twitter @WWF_media

Tentang WWF-Singapore

Sebagai salah satu hub internasional WWF, WWF-Singapura mendukung jaringan global yang menjangkau lebih dari 100 negara. Kami bekerja untuk menangani area konservasi utama, seperti perubahan iklim, keuangan berkelanjutan, deforestasi, perdagangan satwa liar ilegal, konservasi laut, dan produksi dan konsumsi berkelanjutan, melalui kolaborasi, pendidikan, dan upaya penjangkauan yang melibatkan masyarakat, bisnis, dan pemerintah. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi wwf.sg.

***

Tentang Epson

Epson adalah pemimpin teknologi global yang berdedikasi menjadi tak tergantikan bagi masyarakat dengan menghubungkan orang-orang, hal-hal dan informasi dengan teknologi aslinya yang efisien, ringkas dan tepat. Perusahaan berfokus mendorong inovasi dan melampaui harapan pelanggan pada inkjet, komunikasi visual, wearable dan robot.

Epson bangga atas kontribusinya dalam mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan dan upaya berkelanjutannya untuk mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB. Dipimpin oleh Seiko Epson Corporation yang berbasis di Jepang, Epson Group di seluruh dunia menghasilkan penjualan tahunan lebih dari US$10 milyar.  global.epson.com

Tentang Epson Indonesia

PT Epson Indonesia berdiri pada bulan Oktober 2000 sebagai perwakilan penjualan dan pemasaran di Indonesia. PT Epson Indonesia beroperasi di bawah kendali kantor regional Epson Singapore, Pte. Ltd.

Saat ini, PT Epson Indonesia yang bertempat di Jakarta telah memiliki 28 lokasi purnajual (16 Epson Sales & Service dan 12 Epson Service Center) Dengan didukung oleh distributor-distributor yang berpengalaman dan jaringan dealer yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia, PT Epson Indonesia telah mampu memperluas penjualan ke seluruh pelosok Indonesia. PT. Epson Indonesia kini memasarkan produk printer SIDM (Dot Matrix), Inkjet, Laser, LFP termasuk consumablesnya, dan produk-produk lain seperti scanner, dan proyektor. Silakan kunjungi situs kami  epson.co.id.