Visitor

 

Sosial Media

Home Pendapat East vs West Screen Printing
09
Dec
2019
East vs West Screen Printing

Dalam industri sablon atau screen printing dikenal ada dua kubu yaitu “West Coast” (modern) dan “East Coast” (tradisional). West Coast lebih mengedepankan peralatan yang canggih dan serba automatis sedangkan East Coast lebih pada penggunaan peralatan tradisional dan skill untuk menghasilkan hasil printing yang baik dan berkualitas.

Untuk mengetahui lebih jauh perbedaan dua kubu di industri sablon, berikut uraiannya:

West Coast, Kubu West Coast merupakan kubu Modern yang memiliki peralatan paling muktahir di dalam industri screen printing dewasa ini, seperti mesin Carousel printer atau bahkan mesin Oval yang canggih. Para penganut kubu ini berpikir bahwa sangat perlu menggunakan peralatan-peralatan mutakhir untuk menunjang bisnisnya. Kubu ini sangat concern pada hal-hal tehnik seperti Screen Tension, Screen Mesh, screen frame, squeegee type dan lain sebagainnya. Mau baca lebih lanjut ? Klik judul di atas !!!

Untuk target pasar atau market, West Coast memiliki market di industri berskala besar, karena itu mereka perlu mempersiapkan kapasitas produksi yang sesuai dengan harapan atau target. Pada umumnya kubu ini sudah memiliki jaringan yang cukup memadai di dalam industri terkait seperti industri Garmen.

Dengan memiliki pengetahuan yang cukup dalam industri screen printing dan juga ditunjang peralatan yang canggih, tentu saja kubu West Coast memiliki kelebihan dalam kapasitas produksi dan juga kualitas yang stabil. Mereka mampu memproduksi pekerjaan dalam jumlah banyak dan memenuhi syarat untuk memperoleh pekerjaan dari brand-brand ternama seperti Nike, Adidas, Puma, Under Armor dan lain sebagainya.

Dengan peralatan yang serba canggih, tentu saja diperlukan permodalan yang sangat besar, seperti tempat yang memadai, daya listrik yang besar dan juga modal untuk membeli peralatan yang berharga sangat mahal.

Selain itu, kubu West Coast juga cukup sulit memproduksi pesanan dalam kapasitas kecil, karena kapasitas produksi mesin sangat cepat dan besar sehingga kurang efisien jika digunakan untuk memproduksi dalam jumlah kecil.

Untuk resiko, tentu saja dengan menggunakan modal yang besar resiko yang harus dihadapi juga menjadi lebih besar, jika usaha tidak berjalan dengan semestinya maka resiko kerugian juga menjadi besar pula.

East Coast

Bagi kubu East Coast, mereka lebih melihat screen printing atau sablon sebagai industri kreatif. Mereka berfikir bisa menggunakan peralatan-peralatan tradisional saja, sehingga kubu ini beranggapan bahwa tanpa menggunakan peralatan yang canggih pun mampu dihasilkan printing yang baik dan berkualitas.

Kubu East Coast, banyak yang membanggakan sinar matahari. Sinar matahari yang mereka gunakan lebih canggih daripada meja expose mana pun di dunia. Mereka juga sangat bangga dengan hasil printingnya karena bisa dikatakan dapat sama atau mendekati dengan hasil cetak mesin canggih sekali pun.

Untuk membuka bisnis screen printing secara tradisional tidak memerlukan modal besar, dengan modal usaha beberapa puluh juta saja kita sudah bisa mulai melakukan bisnis screen printing. Para penganut kubu East coast tidak menggunakan mesin berkapasitas besar, karena itu East coast lebih efisien untuk mengerjakan pekerjaan dalam jumlah atau kapasitas kecil.

Kubu East Coast sangat cocok untuk pemula karena tidak memerlukan permodalan yang besar, maka jika bisnis tidak berjalan dengan semestinya, kerugian yang ditanggung tidaklah besar.

Dengan menggunakan peralatan yang .... dst

Whien, dbs

Info WA +62811808282

Email This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!